Home » , » The Pacific (2010)

The Pacific (2010)

IMDb  Ratings: 8.3/10 from 52,713 users 


Sutradara : Tim Van Patten, David Nutter, Jeremy Podeswa,Graham Yost, Carl Frank ,Tony To

Pemain : James Badge Dale, Jonh Seda,Joseph Mazzello, Remi Malek, Ashton Holmes


The Pacific adalah satu dari dua miniseri perang produksi HBO yang wajib ditonton oleh semua pencinta film perang. Sejatinya, dua dari beberapa produser film ini masih sama dengan produser ”kakak”-nya, miniseri Band of Brother (2001), yaitu Steven Spielberg dan Tom Hanks. Mereka sama-sama ingin menampilkan kekejian perang. Bila Band of Brother mengisahkan sebuah kompi (Kompi Easy) dari awal hingga akhir perang di front Eropa melawan pasukan Nazi Jerman maka The Pacific mengisahkan tiga marinir Amerika, yaitu Eugene Sledge,Robert Leckie, dan John Basilone, pada berbagai pertempuran di medan Perang Pasifik melawan pasukan Jepang.

Seperti halnya Band of Brothers, kisah tiga marinir ini merupakan kisah nyata. Hugh Ambrose, anak dari penulis buku Band of Brothers Stephen Ambrose, turut serta sebagai project consultant. Adapun mini seri ini sendiri dibuat berdasarkan tiga buku, yaitu memoar dari Eugene Sledge berjudul With the Old Breed: At Peleliu and Okinawa, memoar Robert Leckie bertajuk Helmet for My Pillow, dan memoar dari Chuck Tatum, Red Blood, Black Sand. Tatum sendiri adalah seorang marinir yang pemah sepasukan dengan John Basilone, salah satu marinir pertama yang menerima penghargaan militer tertinggi Arnerika, Medal of Honor.

Pada bagian pertama darl 10 seri ini diceritakan tentang Robert Leckie (James Badge Dale), prajurit di 1" Marine Division yang pertama kali diterjunkan menyerbu Guadalcanal untuk menghentikan laju pasukan Jepang.Mereka  berhadap-hadapan dengan pasukan Jepang pertama kali pada Pertempuran Tenaru,21 Agustus 1942. Pasukan Jepang dibawah pimpinan Kolonel Kiyonao Ichiki terbantai habis karena kesalahan strategi. Kapten Jameson, komandan pasukan Leckie. dlbebastugaskan setelah pertempuran ini karena mengalami stress. Masih di pulau yang sama, bagian kedua menceritakan Sersan John Basilone (Jon Seda), prajurit dari 5th Marine Division, mempertahankan lapangan terbang Handerson Field. Ia sebagai pemimpin regu senapan mesin menghabisi hampir satu kompi pasukan Jepang dari Kompi Kesembilan, yang merupakan bagian dari pasukan Jendral Yumio Nasu. Dalam seri berikutnya, John Basilone dianugerahi Medal of Honor karena aksinya pada pertempuran itu, dan kembali ke Amerika untuk berpromosi menjual surat utang perang (war bonds). Basilone kembali bertugas ketika marinir mulai menyerang Iwo Jima, dan ia tewas di sana.

Sementara itu Sledge (Joseph Mazzello) kemudian bisa bergabung dengan pasukan marinir dan menjalani pelatihan sebagai regu mortar, sedangkan Leckie kembali bertempur di Tanjung Gloucester setelah pasukannya rehat di Melboume. “Musuh kami bukan lagi tentara Jepang, tapi hutan dan hujan,” kata Leckie dalam suratnya kepada gadis yang disukainya. Hujan yang sangat deras setiap hari dan kondisi hutan yang sangat lebat membuat pasukan marinir mulai kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Leckie didiagnosis menderita nocturnal enuresis, dan dirawat di rumah sakit. Sementara itu, setelah menjalani pelatihan, Sledge diterjunkan ke Pasifik untuk bergabung dengan 1st Marine Division dan bertempur pertama kali di Pelelieu.

Kisah berikutnya adalah kisah Sledge di regu mortar Kopral Merriell "Snafu" Shelton (Remi Malek), dan Leckie yang kembali bergabung dengan pasukan. Tidak seperti ketika di Guadalcanal,pasukan Jepang di Pelelieu telah banyak belajar dan bertahan dengan lebih efektif. Pertempuran mengerikan sudah dimulai sejak pendaratan dan merebut lapangan terbang di pulau itu.

Sungguh tidak mudah dan jatuh banyak korban. Operasi yang tadinya direncanakan hanya akan berlangsung satu minggu temyata molor hingga dua bulan. Pada pertempuran ini, Leckie kembali terluka dan kali ini cukup serius, sehingga harus ditarik dari garis depan. Setelah merebut lapangan udara, Sledge dan kawan-kawan harus menghadapi sistem pertahanan gua di pegunungan koral, dan pertempuran bertambah brutal karena informasi dan estimasi yang keliru dari intelijen. Meski pulau akhimya dapat direbut, 1st Division kehilangan sepertiga prajuritnya. Sledge bisa melalui neraka ini, dan ia pun menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya. Mei 1945, Sledge dan Snafu kembali dikirim ke medan pertempuran yaitu Okinawa. Ini adalah langkah terakhir dari Sekutu untuk bisa merebut pulau utama Jepang, . Dari keseluruhan misi, di sinilah korban terbanyak jatuh, dan pertempuran berlangsung lebih buruk daripada operasi mana pun di Pasifik ,tak hanya itu, berbeda dengan di pulau lain, jumlah korban dari rakyat sipil mencapai 100.000 jiwa, karena mereka ada di tengah-tengah pertempuran dan banyak dimanfaatkan sebagai benteng manusia oleh pasukan Jepang. Pertempuran habis-habisan ini baru selesai setelah 82 hari.

Seperti film-film perang lain besutan Spielberg, film ini merupakan film anti-perang yang memberikan pesan kekejaman  perang.The Pacific memperoleh 8 penghargaan Emmy Award 2010 termasuk sebagai miniseri terbaik dari 23 nominasi penghargaan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. WWII Movies - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger